PSM UMB AKAN UNJUK BAKAT DALAM 2nd BALI CHOIR INTERNATIONAL CHAMPIONSHIP

Universitas Mercu Buana (UMB) sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya, baik hard skill maupun soft skill. Kedua kompetensi ini sangatlah diperlukan dalam mendukung kiprah alumni untuk sukses  di masa depan. Universitas Mercu Buana melalui Paduan Suara Mahasiswa (PSM UMB) yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), didirikan sejak tahun 1988 dalam rangka mengakomodasi siswa yang tertarik di bidang olah vocal. Selain itu tentu saja sebagai forum praktis untuk belajar soft skill, terutama dalam hal kerjasama tim, kepemimpinan dan membangun prakarsa.

Berkat latihan yang konsisten, prestasi yang telah diraih oleh PSM UMB antara lain  meraih Juara 1 Mixed Choir dan Folklore pada event internasional, Guangzhou Open  Choir Championship tahun 2012 dan meraih 1 Medali Emas untuk kategori Mixed Choir dan 1 Medali Platinum untuk kategori Folklore pada event 1st Xinghai Prize Internasional Choir Championship tahun 2012.

Setelah prestasi yang membanggakan itu, manajemen UMB memberikan kesempatan bagi PSM UMB untuk mengikuti  kompetisi paduan suara tingkat internasional di Bali, yakni ikut serta dalam 2nd  BALI CHOIR INTERNATIONAL CHAMPIONSHIP, 20-27 Juli 2013 di Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali. Tahun ini Bali International Choir Festival akan diikuti sekitar 100 grup paduan suara dari berbagai negara. Setiap kelompok paduan suara yang ikut serta akan mempersembahkan lagu-lagu dalam sebuah acara konser dan workshop musik dan tarian Bali. Setiap peserta juga akan berkolaborasi dengan kelompok paduan suara lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM. (Rektor UMB) dalam sambutannya mengungkapakan “Saya berharap melalui kesempatan ini dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga PSM UMB benar-benar bisa unggul di tingkat internasional, membawa  nama besar UMB serta nama harum bangsa Indonesia, yang pada akhirnya bisa mendorong  UKM yang lain untuk berbuat yang sama yaitu berlomba-lomba menjuarai event internasional.”

PSM UMB adalah paduan suara yang mewadahi mahasiswa – mahasiswi dan alumni Universitas Mercu Buana yang terbentuk pada tanggal 23 oktober 1988. Tempat dimana para mahasiswa serta alumni PSM UMB untuk mengasah bakat serta kecintaan mereka dalam bidang musik khususnya paduan suara. PSM UMB tidak hanya menekuni dalam musik tradisional, melainkan juga musik yang berasal dari era dan zaman yang berbeda. Melalui berbagai kompetisi dan kegiatan internal maupun eksternal kampus, kini telah berhasil menghantarkan PSM UMB menjadi kelompok paduan suara yang menduduki ranking 3 Nasional dan 46 Dunia.

Team PSM UMB yang ikut dalam 2nd  Bali Choir International Championship terdiri dari 42 orang tersebut adalah Wisnu, Febri, Meyda, Gde, Ritia, Albertha, Reza, Amelia, Ika, Sucitra, Rebecca, Jason, Gusnia, Anindita, Utami, Arfriana, Putri, Arfan, Panji, Adit, Yoga, Rudyar, Hanim, Syarrah, Rara, Safitri, Indah, Sofyan, Ganea, Dhika, Suryaningsih, Sevi, Fungky, Charlote, Amilio, Putri, Krisna, Osali, Shanto, Mikael Agus Juwono (Conductor) dan Praja Indrawati (Pianist).

Mereka nantinya akan membawakan lagu Ave Verum Corpus (Francis Poulenc), Hosana (Knut Nystedt), Ditirambo (Karl Friedrich Curachmann), Mande Mande (Maluku Folk Song Arr : Farman Purnama), Ma Rencong Rencong (Bugis Folk Song Arr : Budi Susanto Yohanes and Agustinus Bambang Jusana) danKincir-Kincir (Betawi Folk Song Arr: Marthin Tupanno). SELAMAT & SUKSES UNTUK PSM UMB!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>