PSM UMB Sabet 3 Medali Emas Sekaligu Dalam Kompetisi Canta Al Mar 2014

AMAZING!!! Kabar membanggakan kembali dibuat anggota Paduan Suara Universitas Mercu Buana Jakarta. Pasalnya oktober lalu kelompok paduan suara mahasiswa ini berhasil menyabet tiga medali emas sekaligus dalam 3rd Canta Al Mar Festival Coral International yang diadakan di Barcelona Spanyol. Prestasi membanggakan yang diraih oleh kelompok paduan suara Mercu Buana membuat nama Indonesia berkumandang di Fabrica Llibet-Gurl callela Barcelona. Tak tanggung-tanggung tiga kategori yang diikuti oleh paduan suara universitas mercu buana Jakarta mendapat juara pertama diantaranya Folklore,Mixed dan Female category. Hasil kemenangan tersebut sekaligus membuat PSM UMB meraih nilai tertinggi dalam Competisi tersebut pada kategori folklore dengan total score 25,15. Kompetisi ini di ikuti ole 28 negara dan 66 kelompok paduan suara.

 Capaian tersebut merupakan buah kerja keras dari anggota PSM UMB yang telah mempersiapkan kurang lebih selama 6 bulan proses latihan. Pada category Folklore PSM UMB membawakan lagu Lingsir Wengi (Arr. Amillio Fahlevi), Ahtoi Porosh (Arr. Budi Susanto Yohanes), dan Janger ( Arr. Avip Priatna dan Agustinus Bambang Jusana). Kemudian lagu-lagu yang dinyanyikan dalam kategori Female Choir ialah lagu On The Death of Antony (Arr. Samuel Barber), Salve Regina ( Arr. Ivan Yohan), dan Ditirambo ( Arr. Karl Friedrich Curachmann). Dan lagu – lagu yang dinyanyikan pada kategori Mix Choir O Mirtillo, Mirtillo, Anima mIA (Arr. Claudio Monteverdi), Cantate Domino (Arr. Josu Elberdin), dan Zutaz (Arr. Javier Busto).

“Kami sadar bahwa menyiapkan generasi unggul tidak cukup hanya menguasai kompetensi kognitif, namun juga afektif dan psikomotorik. Oleh karenanya, saya mendukung penuh keikutsertaan Paduan Suara Universitas Mercu Buana dalam kompetisi paduan suara internasional Canta Al Mar Barcelona 2014 ini, sebagai wahana ekspresi ketiga kompetisi tersebut,” kata Dr. Arissetyanto Nugroho. MM selaku Rektor UMB sekaligus Pembina UKM PSM UMB.

Dalam misi international kali ini PSM UMB tidak hanya membanggakan Indonesia lewat capaian medali emas yang didapatkan. Promisi budaya Indonesia juga di lakukan demi memperkenalkan Indonesia di mata dunia. Lewat pakaian tradisional Indonesia yang digunakan anggota PSM UMB membuat masyarakat local berdecak kagum akan kekayaan budaya Indonesia. Membagikan souvenir asli Indonesia juga menjadi langkah anggota PSM UMB untuk menyampaikan pesan bahwa Indonesia patut dikunjungi karena keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>