PSM UMB KEMBALI JUARA! dengan meraih medali emas dan perak dalam Busan Choral Festival & Competition 2015

Kabar membanggakan kembali dibuat anggota Paduan Suara Universitas Mercu Buana Jakarta. Pada bulan Oktober lalu kelompok paduan suara mahasiswa ini berhasil meraih Gold Medal dalam Category Folklore dan Silver Medal dalam Category Classical Mixed dalam 11th Busan Choral Festival & Competition 2015 yang diadakan di Busan, Republik Korea. Raihan juara ini menambah harum nama Indonesia di kancah dunia serta penyemangat bagi seluruh anggota Tim PSM UMB untuk persiapan menuju kejuaraan internasional lainnya.

Panitia International Choir Busan 2015 hanya menjaring 10 tim paduan suara dari 10 negara. Kompetisi ini memang berbeda dalam mekanisme seleksi peserta, serta berbeda dalam kategori juara kompetisi. Panitia hanya menyiapkan tiga kelompok juara. Jadi, Tim PSM UMB patut bangga menjadi wakil Indonesia yang dapat meraih medali emas dan perak di ajang tersebut.

“Jadi sangat ketat seleksinya. Tim PSM UMB meraih juara I dalam kategori foklore dan juara II kategori clasical mix choir yang dilombakan. Ini prestasi yang sangat membanggakan”, tutur Rektor UMB Arissetyanto Nugroho yang mengaku puas atas prestasi Tim PSM UMB.

 Capaian tersebut merupakan buah kerja keras dari anggota PSM UMB yang telah mempersiapkan kurang lebih selama 6 bulan proses latihan. Pada category Folklore PSM UMB membawakan lagu, Lingsir Wengi (Arr. Amillio Fahlevi), Benggong (Arr. Ken Steven), dan Yamko Rambe Yamko (Arr. Avip Priatna & Ivan Yohan). Dan lagu – lagu yang dinyanyikan pada category Classical Mixed, O Primavera gioventù de l’anno (Arr. Claudio Monteverdi), Gloria Patri (Arr. Budi Susanto Yohanes), dan Les Djinns (Arr. Gabriel Fauré).

Dalam misi international kali ini PSM UMB tidak hanya membanggakan Indonesia lewat capaian medali emas dan perak yang didapatkan. Promisi budaya Indonesia juga di lakukan demi memperkenalkan Indonesia di mata dunia. Lewat pakaian tradisional Indonesia yang digunakan anggota PSM UMB membuat masyarakat local berdecak kagum akan kekayaan budaya Indonesia. Membagikan souvenir asli Indonesia juga menjadi langkah anggota PSM UMB untuk menyampaikan pesan bahwa Indonesia patut dikunjungi karena keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>