Yon Suwiyono

DSC_0081

Yon Suwiyono

Pembina PSM Universitas Mercu Buana

Periode 1993 – 2012

 

Sekilas Perjalanan PSM Universitas Mercu Buana

oleh : Yon Suwiyono

Pada tahun 1989 Universitas Mercu Buana mewisuda sarjana untuk pertama kalinya, untuk mengisi acara tersebut perlu adanya lagu-lagu yang akan  ditampilkan antara lain Indonesia Raya, Mars Universitas Mercu Buana, Hymne Universitas Mercu Buana dan lagu  persembahan lainnya.

Atas dasar tersebut maka pimpinan Universitas Mercu Buana menugaskan Pembantu Rektor Bidang III/Kemahasiswaan untuk menseleksi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakatnya dibidang menyanyi , maka pada tanggal 23 Oktober 1989 terbentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian yang didalamnya terdiri dari Bidang Paduan suara, Bidang Tari Dan Bidang Teater.

Dalam perjalanannya, maka minat mahasiswa akan tari sangat berkurang sehingga Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian mengalami kevakuman, hanya Bidang Paduan Suara dan Teater yang masih berkembang dan mengalami perubahan status menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa dan Unit Kegiatan Teater.

Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Universitas Mercu Buana (PSM UMB)  dalam perjalannya hingga tahun 2006 hanya berlatih menjelang akan diadakan Wisuda sehingga tidak ada prestasi-prestasi yang menonjol, baru mulai tahun 2007 PSM UMB dengan perlahan tapi pasti mulai mengadakan serangkaian kompetisi-kompetisi antara lain Juara 3 NFF UI Kedua ,tahun 2007 , juara 3 dan performance terbaik dalam NFF UI Ketiga tahun 2008 , juara 2 NFF UI keempat tahun 2009 dan Performance terbaik dalam Temkomsel Choir Competition tahun 2010.

Dengan bekal , semangat yang tinggi dari para anggota, pengurus PSM UMB dan  dukungan yang besar dari Bapak Dr. Arissetyanto Nugroho selaku Rektor Universitas Mercu Buana   serta bekal sebagai  juara 1 dalam NFF UI kelima tahun 2011, maka UKM PS UMB pada tahun 2012 mampu membuktikan dan bersaing di tingkat Nasional dengan memdapatkan predikat Juara Umum Kompetisi Nasional pada Lomba Paduan Suara Univeritas Semarang ke VII di Semarang tanggal 26-27 Juni 2012.

Melihat prestasi yang dicapai oleh PSM UMB beberapa tahun yang lalu , maka Bapak Dr. Arissetyanto Nugroho selaku Rektor Universitas  Mercu Buana  melihat kemungkinan-kemungkinan PSM UMB mempu  bersaing di tingkat Internasional.

Untuk melakukan kompetisi keluar negeri membutuhkan dana yang sangat besar sedangkan keuangan dari pada PSM UMB tidak memcukupi, maka dengan bantuan Bapak Rektor  untuk  mencarikan sponsor – sponsor,  sehingga pada bulan November Tahun 2012  berangkatlah PSM UMB ke Guangzhou China dengan meraih medali emas untuk kategori Mixed Choir dan Folklore pada Guangzhou Open Choir Championship, medali emas untuk kategori Mix Choir dan medali Platinum untuk kategori Folklore pada Xinghai Prize Inteernatioal Choir Championship . Sedangkan pada bulan Juli 2013 PSM berangkat ke bali  untuk mengikti 2nd Bali Choir International Championship dan meraih peringkat pertama untuk kategori Female Choir serta meraih medali emas untuk Folklore.

Selamat  untuk PSM UMB agar lebih berprestasi di tingkat dunia sesuai yang dicita-citakan oleh Universitas Mercu Buana menuju  Universitas kelas dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>