Gde Alfiant Djanuar

Gde Alfiant2

Gde Alfiant Djanuar

Tenor

Om Swastiastu…

Perkenalkan, nama saya Gde Alfiant Djanuar. Teman-teman terbiasa memanggil saya dengan panggilan Gde. Saya lahir di Jakarta, 14 Januari 1993. Saya adalah mahasiswa aktif Universitas Mercu Buana (UMB), semester 7 (Sept 2013) jurusan Akuntansi S1 angkatan 2010.

Tak terasa sudah memasuki semester akhir dalam Masa perkuliahan saya di UMB. Banyak hal yang telah saya lalui dalam proses menimba ilmu akuntansi di UMB. Dari materi perkuliahan yang diajarkan oleh dosen-dosen yang mempuni dibidangnya, pengalaman-pengalaman nyata yang dibagikan oleh para dosen, serta berbagi cerita menarik untuk didiskusikan dengan teman-teman seperjuangan.

Tetapi disini saya hanya akan berbagi sedikit cerita tantang keikut sertaan saya dalam Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana (PSM UMB).

Awalnya, saya tidak banyak tahu mengenai apa itu paduan suara. Yang saya ketahui, paduan suara itu hanya sebatas bernyanyi secara bersama-sama dengan jumlah anggota yang tidak sedikit. Mengapa demikian?? Karena, semasa sebelum saya bergabung dengan PSM UMB, saya sama sekali tidak tertarik untuk mencari tahu apa itu Paduan Suara. Terlebih lagi saya tidak hadir saat Dunia Kampus UMB dihari ke-tiga. Padahal dihari tersebut adalah hari pendemonstrasian semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdapat di UMB.

Saya tertarik untuk mencoba mengikuti audisi PSM UMB dikarnakan hobi saya dalam bernyanyi dan rasa penasaran tentang PSM UMB karena saya banyak mendengar dari teman-teman tentang penampilan PSM UMB yang begitu mengesankan. Lalu, saya membulatkan keinginan untuk mencoba mengikuti proses audisi PSM UMB dengan mengambil formulir pendaftaran lalu mengisinya dan melengkapi berkas pelengkap lainnya.

Setelah itu, saya mengikuti breafing bagi peserta audisi PSM UMB. Disanalah saya pertama kali melihat penampilan PSM UMB. Begitu takjub saya dibuatnya, saat lagu “Bengawan Solo” yang dilantunkan oleh PSM UMB terdengar begitu indah, sangat berbeda dibandingkan lagu “Bengawan Solo” yang pernah saya dengar. Dari situlah saya bertekat untuk menyiapkan mental dan diri saya untuk mengikuti audisi tersebut. Dan tanpa perkiraan, saya dinyatakan lolos sebagai calon anggota aktif PSM UMB angkatan 2010 dan berhak mengikuti serangkaian acara untuk pelantikan sebagai anggota aktif PSM UMB, yaitu adalah konser angkatan.

Sebelum konser angkatan diselenggarakan, terdapat beberapa acara yang disiapkan oleh panitia dari PSM UMB. Seperti training untuk calon anggota aktif, dimana kegiatan itu sangat berguna untuk membuka sedikit wawasan awal tentang bermusik secara paduan suara. Lalu terdapat pra-pelantikan, dimana kita para calon anggota aktif diberi wawasan secara berorganisasi, kekompakan, dan bagaimana kita harus bertindak sebagai keluarga di PSM UMB. Setelah semua itu dilalui, tibalah untuk mempersiapkan konser angkatan guna untuk pelantikan kami sebagai anggota aktif PSM UMB.

Konser yang bertajuk “Choirmorphosis” ini memang disiapkan oleh para senior PSM UMB dalam melantik calon anggota aktif 2010 untuk menjadi generasi penerus dari PSM UMB. Begitu banyak yang saya lalui dalam proses konser angkatan tersebut. Terutama saat berlatih dalam pembentukan suara untuk berpaduan suara yang baik. Saya dan teman-teman calon anggota aktif PSM UMB angkatan 2010 bersama-sama berjuang dan saling memberi semangat dalam mensukseskan konser angkatan tersebut.

Pada akhirnya, konser anggatan tersebut telah saya lalui dan terbilang berjalan lancar. Walau masih terdapat kekurangan dalam diri saya, setidaknya saya telah mencoba dan akan terus belajar. Tetapi sampai saat ini kenangan dimana saya pertama kali tampil sebagai paduan suara selalu menjadi kenangan indah tersendiri.

Setelah dilantiknya saya beserta teman-teman PSM UMB angkatan 2010, saya terus menyesuaikan diri dengan berbagai kegiatan yang ada di PSM UMB. Terutama saya terus belajar untuk selalu melatih suara saya agar mengarah ke tekhnik bernyanyi yang dibutuhkan. Selanjutnya ditambah dengan pengalaman-pengalaman saya mengikuti kegiatan PSM UMB seperti mengisi acara internal kampus, eksternal, kompetisi antar paduan suara, serta konser paduan suara yang rutin dilaksanakan oleh PSM UMB. Semua itu membuat saya kaya akan ilmu dan pengalaman dalam benyanyi. Karena menurut saya “tak ada guru yang paling sempurna selain pengalaman itu sendiri”.

Selain pengalaman berpaduan suara, saya juga memperoleh banyak pengalaman mengenai berorganisasi. Walaupun sekalanya masih terbilang kecil, disini saya banyak belajar untuk mengemukakan pendapat demi terjadinya suatu kesepakatan bersama. Pengalaman lain adalah ketika saya dipercaya menjadi bendahara kepengurusan periode 2012/2013, yang menurut saya itu juga melatih diri saya sesuai dengan ilmu yang sedang saya pelajari di UMB, yaitu akuntansi. Saya merasa tertantang untuk mengatur alur keuangan PSM UMB agar menjadi lebih baik.

Singkat cerita, saya sangat bersyukur dengan pencapaian yang telah saya alami di PSM UMB. Saya akan terus belajar dan belajar untuk menjadi individu yang lebih baik lagi. Walau masih banyak pengalaman yang saya alami di PSM UMB ini dari sedih, kecewa, haru, tawa, bahagia bahkan tentang cinta, ya… tentang cinta untuk Sucitra Devi. Tetapi, hal tersebut sepertinya tidak akan cukup jika saya tuangkan disini. Karena sudah begitu banyak pengalaman berharga yang telah saya dapat dari PSM UMB. Terutama tentang hal terakhir yang saya sebutkan tadi, sangat tidak akan cukup kalau saya tuangkan disini.

Mungkin dilain kesempatan saya dan anda bisa saling bertukar pikiran mengenai pengalaman-pengalaman berharga dalam kehidupan kita. Ya.. karena tak ada pertemanan yang lebih sempurna tanpa saling mengenal satu sama lain.

Terimakasih.

Om Shanti Shanti Shanti Om…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>