Mikael

AMAZING !! itulah kata-kata yang pas untuk mengungkapkan perasaan saya selama bergabung di Paduan Suara Universitas Mercu Buana (PSM UMB). Dengan prestasi yang saya dapatkan dari awal bergabung hingga sekarang, tidak berlebihan bila saya menggunakan kata AMAZING !!.

Saya Mikael mahasiswa jurusan Broadcasting angkatan 2010. Saya bergabung di PSM UMB pada pertengahan 2010. Saat itu saya merasa terpanggil untuk bergabung dengan paduan suara ini. teman Seperjuangan saya pada saat audisi adalah Jasson Valino (Bass 1) dan Shinta Farida (sopran 2). Pada saat itu kami ragu untuk bisa bergabung dengan paduan suara ini. Namun apabila Tuhan sudah berkehendak, semua akan terjadi. Hari demi hari saya lewati selama di universitas mercu buana. Salah satu motivasi saya untuk bisa rajin berkuliah di tempat ini adalah PSM UMB ini. Tantangan yang harus saya jalani pun adalah, saya harus bisa membagi waktu antara kuliah dan latihan paduan suara. Walaupun butuh perjuangan yang tidak gampang. Tetapi Hingga saat ini saya bisa melewati itu. Walaupun IPK saya tidak sempurna (3,87) tetapi saya bersyukur. Karena saya bisa mendapatkan nilai tersebut di waktu-waktu yang padat antara kuliah dan mengikuti kegiatan paduan suara ini.

Pada saat saya bergabung di PSM UMB ini. Saya bersyukur bisa mendapatkan juara 1 lomba paduan suara di FE-UI. Saya percaya bahwa proses menentukan hasil. Setelah itu pun saya bersyukur sekali bisa masuk dalam tim duta budaya Enchanting Culture of Indonesia bersama tim Deni Malik dan PSM UMB di VietNam. Pada saat itu salah satu orang yang berjasa dan bisa membawa kami ke tempat itu adalah Rektor Universitas Mercu Buana. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho,MM. yang biasa kita sapa dengan Pak Aris. Secara pribadi saya merasa bangga bisa mengenal beliau. Karena banyak sekali kesempatan-kesempatan pengalaman yang luar biasa yang beliau berikan kepada kami selain di paduan suara.

Setelah itu, saya pun mengikuti lomba paduan suara lagu-lagu perjuangan Tingkat Nasional di universitas tarumanegara. Pada saat itu kita mendapatkan peringkat 5 dan best conductor. Tapi kita tidak merasa kecewa dengan perigkat tersebut. Karena kami sudah memberikan yang terbaik dan merasa puas setelah bernyanyi di panggung. Pada saat itu lawan-lawan yang kita hadapi pun cukup kuat. Dan itu semua kita jadikan sebagai cambukan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. Dan terbukti pada bulan mei 2012. Kita mendapatkan juara pertama sekaligus juara umum Tingkat Nasional di dua kategori sekaligus. Yaitu kategori folklore (lagu rakyat) serta Perguruan Tinggi & Umum. di Universitas Semarang. Pada saat proses tersebut banyak sekali yang kita korbankan.

Setelah itu kita pun mendapatkan tantangan kembali oleh Pak Aris. Beliau meminta kita untuk berlomba di ajang internasional. Tepatnya di Xinghai Prize International Choir championship. Guangzhou, China. Pada saat itu kami focus dengan tugas kami masing-masing. Pak Aris fokus dan bekerja keras untuk Mencarikan sponsor. Kita pun fokus untuk membenahi administrasi dan tentunya mempersiapkan materi suara kita. Hasil dari kerja keras kita pun tidak sia-sia. Kami mendapatkan 2 gold Champion of category di Guangzhou open international choir competition dan 1 gold serta 1 platinum di Xinghai Prize International choir Championsip. Sungguh pecapaian yang sangat luar biasa. Pertama kali lomba international. Dan kami langsung mendapatkan penghargaan yang begitu banyak. Puji Tuhan ! J

Juli 2013 kemarin pun kita mendapatkan kesempatan kembali untuk berlomba di 2nd Bali International Choir Championship. Disana kita mendapatkan 1 gold untuk kategori Folklore dan 1 Silver untuk kategori Female Choir.

Pasti kalian semua bingung. Siapa sih orang yang bisa membuat paduan suara ini bagus dari segi materi suara? Yak.. Dia adalah Pelatih Kami Tercinta. Mas Agus Yuwono atau biasa kita sapa dengan Mas Nyonyon. Beliau lah yang bisa membuat kita seperti ini dan menjadikan PSM UMB bisa diperhitungkan di dunia paduan suara se-Indonesia hingga International. Beliau memberikan pengajaran dan ilmu yang sangat banyak. Kepada kita semua di PSM UMB.

Sebenarnya masih banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan selama bergabung di PSM UMB. Terlebih Pak Aris yang menurut saya sudah sangat welcome kepada kita. Terbukti dengan tindakannya yang mau mengenalkan dan mendekatkan keluarganya kepada kita semua. Dan segala pengorbanannya yang sudah diberikan kepada kita selama ini.

Dan saya bangga sekali bisa menjadi bagian dari UNIVERSITAS MERCU BUANA. Karena disini saya bisa diberikan kesempatan yang sangat banyak untuk belajar berorganisasi, menyalurkan bakat dan menutut ilmu pastinya. AMAZING !!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>