Reza Irfandi

cae7_1363324420472_n

Reza Irfandi

Bass

                “PSM UMB…… BEM….. BEM….. BEM…..”

Yel-yel tersebutlah yang menjadi tanda kalau saya dan teman-teman disini bangga bergabung di PSM UMB

Perkenalkan nama saya Reza Irfandi, lahir di Jakarta, 1 Desember 1993. Saya memulai kuliah di Universitas Mercu Buana Jakarta, jurusan Akuntansi S1, pada tahun 2011 dan pada tahun yang sama juga saya memasuki salah satu UKM yang berprestasi yaitu UKM Paduan Suara UMB (PSM UMB). Saya sangat tertarik bergabung dengan PSM UMB karena saya sempat melihat di salah satu TV Nasional ketika PSM UMB baru saja pulang dari Vietnam. Pada saat itu, PSM UMB menceritakan pengalaman mereka bernyanyi di negri orang dalam rangka misi kebudayaan. Dan dari situlah hati saya tergugah untuk bergabung dengan PSM UMB.

Awal karir saya bersama PSM UMB yaitu saya dan teman-teman angkatan 2011 atau pada saat itu disebut PSM UMB CLASS OF 2011 berkesempatan untuk menjadi bintang utama dalam Konser Angkatan “Choirmorphosis 2 – Feel the beat”. Tentu saja untuk mencapai konser angkatan tersebut, saya bersama teman-teman melewati perjuangan yang sangat sulit. Diawali dengan audisi, training, pra-pelantikan, hingga latihan rutin menuju Konser Angkatan. Sebagai mahasiswa baru, tentu saja amat sangat sulit untuk membagi waktu kuliah, keluarga, dengan latihan paduan suara. Tetapi dengan berjalannya waktu serta diberi pengertian oleh kakak-kakak senior semua masalah tersebut dapat diatasi. Hingga pada saatnya mendekati Konser Angkatan, latihan terus digencarkan dan euphoria konser semakin terasa. Tentu saja, untuk anggota baru seperti saya menghadapi konser tersebut membuat saya amat sangat grogi. Membawakan banyak lagu, mulai dr lagu Nasional, Daerah, hingga Pop menjadi suatu tanggung jawab yang sangat besar karena kita harus bernyanyi dengan baik. Tetapi ini menjadi suatu kebanggaan karena tidak semua orang dapat bergabung dengan PSM UMB dan menyanyikan lagu-lagu tersebut. Dan tentu saja konser kita ini ditonton orang tua masing-masing anggota. Dan alhamdulillah konser angkatan 2011 berjalan dengan lancar, dan semakin meyakinkan orang tua dari masing-masing anggota baru, bahwa Konser inilah bukti dari latihan saya dan teman-teman hingga larut malam.

Langkah berikutnya setelah konser angkatan selesai yaitu PSM UMB mengikuti Lomba Paduan Suara Universitas Semarang (LPS USM) tingkat Nasional. Dan Alhamdulillah saya diberi kesempatan oleh pelatih PSM UMB, Agus Yuwono, atau biasa kita memanggil beliau Mas Nyonyon, untuk bergabung dalam tim lomba dan mengikuti kompetisi tersebut. Terdapat perbedaan yang saya rasakan antara konser angkatan dan mengikuti lomba tersebut. Bukan hanya dari segi tekhnik vocal saja tetapi dari segi keorganisasian yang pada saat itu saya juga terlibat dalam kepanitiaan. Proses yang amat sangat sulit dari segi keuangan hingga proses latihan yang amat sangat keras tidak menyurutkan semangat saya dan teman-teman untuk berjuang di Lomba Paduan Suara tersebut. Dan Alhamdulillah, dengan kerja keras serta perjuangan tersebut kita memperolah hasil yang maksimal yaitu kita mendapat 2 gelar juara sekaligus pada kategori Mixed Choir dan Folklore.  Ini menjadikan pengalaman lomba pertama saya yang amat sangat berharga dan tidak akan pernah saya lupakan.

Setelah mengikuti lomba di Semarang, PSM UMB mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba berskala internasional di Cina. Dan ini merupakan kali pertamanya PSM UMB mengikuti perlombaan yang berskala internasional. Namun, sebelum mengikuti perlombaan tersebut, PSM UMB mengadakan Konser Tahunan sekaligus Pre-Kompetisi. Terlibat kembali dalam Konser PSM UMB dengan skala yang lebih besar menjadi suatu kebanggan bagi saya, walaupun pada saat itu saya belum mempunyai kesempatan untuk bergabung dengan tim lomba yang akan berlomba Ke Cina. Tetapi saya amat sangat mendukung teman-teman saya yang berangkat ke Cina untuk berjuang mengharumkan nama bangsa. Dan sungguh luar biasa, PSM UMB kembali menorehkan prestasinya dengan memborong berbagai macam penghargaan. Sungguh prestasi luar biasa yang dapat di torehkan PSM UMB yang pada saat itu diketuai oleh Kak Seven (Periode 2011-2012). Tidak puas dengan prestasi yang sudah kita raih sebelumnya, di kepengurusan yang diketuai oleh Kak Sarrah (Periode 2012-2013), PSM UMB kembali mencoba Kompetisi berskala Internasional di Bali. Dan Alhamdulillah, pada kesempatan ini saya dapat bergabung kembali dengan Tim Lomba PSM UMB. Sama halnya dengan proses lomba sebelumnya, saya bersama teman-teman berkerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal dalam lomba di Bali ini. Dan Alhamdulillah kembali, kita mendapatkan prestasi yang membanggakan di Bali International Choir Competition.

Setelah lomba di bali ini selesai, saya mendapat kesempatan serta tanggung jawab untuk menjadi Ketua PSM UMB Periode 2013-2014, ini sungguh tanggung jawab yang sangat besar bagi saya. Karena saya dan teman-teman kepengurusan sekarang harus mempertahankan prestasi PSM UMB yang sudah setinggi ini bahkan meningkatkannya. Salain  itu, tidak lupa saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Arissetyanto Nugroho selaku Rektor Mercu Buana dan Pembina PSM UMB yang telah banyak membantu PSM UMB baik dari segi materiil maupun imateriil, karena beliaulah beberapa Program dari PSM UMB ini dapat terlaksana dengan lancar. Dan tidak lupa juga saya ucupkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pelatih kami tercinta Mas Agus Yuwono yang telah melatih serta membimbing PSM UMB hingga bisa mendapatkan  prestasi sebanyak ini.

Inilah kenangan indah yang saya rasakan di PSM UMB, terima kasih semua orang yang telah menjadi bagian dari kenangan saya ini. Dan ini tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya. Terima kasih PSM UMB.

 

Incoming search terms:

  • konser psm mercubuana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>