Sofyan Rukmana

pian

Sofyan Rukmana

Tenor

Assallamuallaikum Perkenalkan nama saya Sofyan Rukmana biasa dipanggil fyan. sayta lahir di Bandung, 28 Juni 1994. Saya adalah salah satu Mahasiswa Broadcasting  S1 di Universitas Mercu Buana (UMB). saat saya mulai berkuliah di UMB saya mengikuti dan memilih salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  yang berprestasi yaitu UKM Paduan Suara UMB (PSM UMB). Saya sangat tertarik bergabung dengan PSM UMB karena pada saat dunia kampus mereka bernyanyi dengan merdu dan semangat, lalu mereka menceritakan semua penghargaan-penghargaan yang sudah diraih dan saya senang sekali bernyanyi dan dengan mengikuti paduan suara lah saya yakin bisa mengasah kemampuan bakat atau hobi lebih dalam dan luas lagi.  dari situlah hati saya tergugah untuk bergabung dengan PSM UMB dan optimis untuk bisa lolos sebagai bagian dari anggota PSM UMB.

Awal karir saya bersama PSM UMB yaitu saya dan teman-teman angkatan 2012 berkesempatan mengikuti Konser Angkatan “Choirmorphosis 3 – Stevolution”. Disaat itulah saya menduduki suara Tenor 2. untuk mencapai konser angkatan tersebut, saya bersama teman-teman melewati perjuangan yang sangat sulit. Diawali dengan audisi, training, pra-pelantikan, hingga latihan rutin menuju Konser Angkatan. Sebagai mahasiswa baru, tentu saja amat sangat sulit untuk membagi waktu kuliah, keluarga, dengan latihan paduan suara. disisi itulah sering ada suka dan duka, dan disini juga pertemenan dan kesolidaritasan kami 2012 menjadi kuat untuk menjalankan prestasi yg lebih.

Setelah saya dan teman-teman angkatan 2012 melewati konser angkatan dan telah menjadi anggopta aktif  PSM UMB, maka kita bisa mengikuti event-event job menyanyi bersama Choir PSM UMB dan mengikuti lomba yang pertama kalinya untuk teman-teman 2012 terutama salah satunya saya, saya merasa senang dan bangga karena kita baru resmi menjadi anggota aktif, kita langsung bisa mengikuti kompetisi Choir International yang diadakan di Bali. sebelum mengikuti kompetisi tersebut maka anggota harus mengikuti audisi terlebih dahulu dengan pelatih yaitu terkenal dengan nama Agus Yuwono yang biasa kita panggil Mas Nyonyon, tapi ada hal yang mengagetkan untuk saya pribadi karena saya diberitahukan, jika kedudukan saya di Tenor 2 itu sudah diganti menjadi Tenor 1.  sudah beberapa lagu saya pelajari disuara di Tenor 2 lalu saya harus berlatih kembali dengan mengikuti not-not yang ada disuara Tenor 1, salah satu lagu tersebut yaitu Mande-Mande yang akan dibawakan di kompetisi Bali. Allhamdulillah saya bisa mengikuti audisi tersebut dengan sebaik mungkin dan saya lolos audisi tersebut.  Setelah tahap audisi dan sebelum mengikuti kompetisi tersebut PSM UMB menyelenggarakan Annual Concert yang bertema “Time After Time” yang diikuti dengan semua anggota PSM UMB dan senior PSM UMB yang dimana berisikan lagu2 dari berbagai macam Negara dan lagu folklore dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu lagunya yaitu Kicir-Kicir dan dilagu itu saya mengisi suara Bariton, banyak sekali yang bertanya kenapa saya itu tenor satu lalu dilagu ini turun menjadi Bariton??  Tapi hal tersebut membuat saya bangga dengan diri saya sendiri karena selain saya berlatih suara tinggi pria saya juga bisa mengisi suara pria yg tebal seperti Bariton. Di lagu T.L.A yang di Aransement oleh kak Amilio Fahlevi pun saya ditunjuk menjadi Bariton yang menyanyikan lagu ‘Whats Makes Your Beautiful’. Selama latihan untuk konser saya berlatih dengan keras agar tidak sampai ketinggalan dengan lagu yang ingin dipelajari dan berkerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal dalam lomba di Bali ini.

Alhamdulillah, kita mendapatkan prestasi yang membanggakan di Bali International Choir Competition kita mendapatkan Medali Emas untuk kategori Foklore dan Medali Silver untuk Female Choir. Saya merasa senang dan bangga karena ini awal karir lomba saya bersama Tim Choir dan memenangkan kompetisi tersebut dengan sebaik mungkin. Mudah-mudahan lomba selanjutnya bisa mencapai nilai yang terbaik dan lebih tinggi lagi. Aminnnn…… tidak lupa saya berterima kasih kepada Allah SWT , papa mama dan keluarga yg telah mendukung dan memberikan doa dan restunya, lalu teman-teman dan sahabat, pelatih kita Mas nyon dan bapak Rektor Universitas Mercu Buana yaitu pak Aries Setianto Nugroho.

Inilah kenangan indah yang saya rasakan di PSM UMB dan ini adalah curahan hati saya saat ini yang melintas difikiran saya selama bergabung di PSM UMB. Dan ini tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya. Terima kasih PSM UMB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>